Posted by : seziaji
Kamis, 09 Juli 2015
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH
ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MATA PELAJARAN : PEMROGRAMAN DASAR
KELAS : XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.
1.4 Meningkatkan nilai-nilai keimanan dalam upaya untuk mencegah pengaruh negatif
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
|
2.
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
3.
Memahami,
menerapkan dan
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
|
3.1
Mendiskripsikan operasi aritmatika
3.2
Mendiskripsikan operasi logika
3.3
Memahami
penggunaan array 1 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.4
Memahami
penggunaan array 2 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.5
Memahami penggunaan
array multidimensi untuk penyimpanan data di memori
3.6
Memahami operasi string
3.7
Mendiskripsikan konversi antar tipe data
3.8
Memahami konsep pointer
3.9
Mendiskripsikan penggunaan fungsi
3.10
Memahami penggunaan fungsi rekursif
3.11
Menerapkan
pointer ke fungsi
3.12
Menerapkan
header file dalam pemrograman
3.13
Menerapkan
logika pencarian data
3.14
Menerapkan
logika pengurutan data
3.15
Menerapkan
bahasa pemrograman pada aplikasi bisnis
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah
pengawasan langsung
|
3.1
Memecahkan
permasalahan perhitungan dengan operasi aritmatika
3.2
Memecahkan
permasalahan logika dengan operasi logika
3.3
Menyajikan
kumpulan data berdimensi 1 dalam bentuk array
3.4
Menyajikan
kumpulan data berdimensi 2 dalam bentuk array
3.5
Menyajikan
kumpulan data berdimensi banyak dalam bentuk array
3.6
Memecahkan
permasalahan terkait operasi string
3.7
Memecahkan
masalah konversi antar tipe data
3.8
Memodifikasi
data melalui pointer
3.9
Memecahkan
masalah prosedural menggunakan konsep fungsi
3.10
Memecahkan
masalah prosedural menggunakan konsep fungsi rekursif
3.11
Memodifikasi
data melalui pointer ke fungsi
3.12
Memodifikasi
program prosedural menggunakan header file
3.13
Menyajikan
logika pencarian data pada aplikasi bisnis
3.14
Menyajikan
logika pengurutan data pada aplikasi bisnis
3.15
Memecahkan kasus
aplikasi bisnis menggunakan konsep bahasa pemrograman prosedural
|