Posted by : seziaji
Kamis, 09 Juli 2015
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MATA PELAJARAN : SISTEM KOMPUTER
KELAS : X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3. Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2.
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin-tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan huma-niora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan penge-tahuan
prosedural pada bidang kerja yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal)
3.2
Memahami
relasi logik dan fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)
3.3
Memahami operasi
Aritmatik
3.4
Memahami
Arithmatic Logic Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
3.5
Memahami
rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter
3.6
Memahami
organisasi dan arsitektur komputer
3.7
Memahami media
penyimpan data eksternal (magnetik disk, RAID, optical disk dan pita
magnetik)
3.8
Menganalisis
memori berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas,satuan,cara
akses,kinerja,tipe fisik,dan karakteristik fisik)
3.9
Memahami
memori semikonduktor (RAM, ROM, PROM, EPROM, EEPROM, EAPROM)
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
dibawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menggunakan
sistem bilangan (Desimal,
Biner, Oktal, Heksadesimal) dalam memecahkan
masalah konversi
4.2
Merencanakan
rangkaian penjumlahan dan pengurangan dengan gerbang logika (AND, OR, NOT,
NAND, EXOR)
4.3
Melaksanakan
percobaan Aritmatik Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
4.4
Menerapkan
operasi aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit
4.5
Merencanakan
dan membuat rangkaian Counter up dan Counter down
4.6
Menyajikan
gambar struktur sistem komputer Von Neumann
4.7
Membedakan
beberapa alternatif pemakaian beberapa media penyimpan data (semikonduktor,
magnetik disk, RAID, optical disk dan pita magnetik)
4.8
Menyajikan
gagasan untuk merangkai beberapa memori dalam sistem komputer
4.9 Menerapkan sistem bilangan pada memori
semikonduktor ( adress dan data )
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MATA PELAJARAN : SISTEM KOMPUTER
KELAS : XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
3. Memahami, menerapkan, menganali-sis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin-tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan huma-niora dalam
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan penge-tahuan prosedural pada bidang kerja
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1
Memahami
sistem input-proses-output
3.2
Memahami
Perangkat Eksternal /pheriperal
3.3
Memahami
struktur dan interkoneksi bus.
3.4
Memahami dan
menganalisis kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau
struktogram
3.5
Memahami
organisasi prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding,
executing)
3.6
Memahami
struktur CPU dan fungsi CPU
3.7
Memahami
karakteristik set instruksi (operand dan operasi)
3.8
Memahami mode
dan format pengalamatan
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
4.1
Merencanakan
dan membuat perangkat input
–proses-output dengan menggunakan modul I/O terprogram
4.2
Merangkai
Perangkat Eksternal dengan console unit
4.3
Menggunakan
struktur dan interkoneksi bus untuk membuat jaringan
4.4
Menggunakan
kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram untuk
memecahkan masalah.
4.5
Menggunakan
organisasi prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding,
executing) untuk memecahkan masalah
4.6
Membuat
rangkaian internal CPU
4.7
Menggunakan
set instruksi (operand dan operasi) untuk memecahkan masalah
4.8
Menggunakan
mode dan format pengalamatan untuk memecahkan masalah
|